Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APA ITU BANDARA UDARA PERINTIS ?

Isue tentang pembuatan bandar udara perintis di daerah saya, kabupaten Mesuji membuat saya kepo berat tentang apa sebenarnya bandar udara perintis itu?, Barang kali ada juga diantara teman-teman yang ingin mengetahuinya silahkan baca tuntas tulisan dibawah ini.

Dilihat dari namanya, perintis, mengindikasikan bahwa sesuatu yang baru, menjadi percobaan dan kedepan bisa jadi diteruskan jika dianggap berdaya guna lebih atau bisa jadi di hentikan karena keberadannya dirasa kurang penting. Bandara perintis memiliki konstruksi yang lebih sederhana dibandingkan bandara bandara komersial terlebih lebih di kawasan terpencil .Tetapi pada kenyataannya istilah dalam UU RI no 1 tahun 2009 tentang penerbangan tidak terdapat istilah Bandara Perintis , melainkan Angkutan Udara Perintis.

Berdasarkan peraturan jenderal perhubungan udara nomor 143 tahun 2016 dijelaskan bahwa Angkutan Udara Perintis adalah kegiatan angkutan udara niaga dalam negri yang melayani jaringan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain dan secara komersial belum menguntungkan.

Indonesia sendiri adalah merupakan Negara kepulauan, dan sudah barang tentu dengan pulau-pulau tersebut memiliki banyak sekali sumber daya baik alam maupun manusia yang harusnya bisa tereksplore dengan baik. barang kali dengan adanya bandar udara akan menambah mobiliutas suatu daerah sehingga daerah tersebut bisa mengalami kemajuan yang pesat. Bandar udara perintis biasanya dibangun didaerah-daerah terpencil dan terdalam yang memang secara geografis dianggap tepat untuk dibangun bandar udara.

Pemerintah Indonesia sekarang ini sedang mengembangkan Bandar Udara Perintis tujuan wisata unggulan Tanah Air yang sebagiannya terdapat di Indonesia Bagian Timur , yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Maluku, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, selain Bali, Yogyakarta, Riau dan Jawa Barat.

Peran dari Bandar Udara Perintis adalah sebagai berikut :
  • Membantu pertumbuhan pariwisata setempat
  • Memberikan citra yang baik untuk daerah tujuan wisata
  • Menghubungkan daerah isolasi yang belum berkembang
  • Melancarkan program transmigrasi
  • Berkembangnya transportasi di daerah tersebut
  • Dapat dijadikan tempat penyalur bantuan apabila terjadi bencana
  • Meningkatkan pendapatan Negara bila banyak wisatawan asing yang berkunjung
  • Dapat dijadikan penerbangan komersial apabila menguntungkan
Dari peran tersebut, tentunya apabila suatu daerah yang bertempatan dapat mengelola dan mengembangkan dengan baik akan sangat banyak manfaat yang bisa diambil dan mempercepat pertumbuhan kemajuan bangsa Indonesia. Sebagai bahan pengetahuan teman-tean, silhakan baca Peraturan Jenderal Perhubungan Udara Nomor 143 Tahun 2016 tentang angkutan udara perintis.

terimakasih semoga bermanfaat. salam prestasi.

5 comments for "APA ITU BANDARA UDARA PERINTIS ?"

  1. aku mebbaca artikel ini bagus dan memiliki kreatifitas yang tinggiJual Elementor Pro

    ReplyDelete
  2. awesome post, keep continue blogging brooo!!! sinaumedia

    ReplyDelete
  3. DTG merupakan salah satu cara sablon kaos terpopuler saat ini, seiring berkembang dan bertambahnya penyedia jasa sablon ini. Begitu pula dengan produksi mesin DTG yang semakin banyak dan mudah dijangkau.

    ReplyDelete
  4. Karangasem merupakan salah satu daerah yang berada di Pulau Bali, Jika sedang membutuhkan berbagai alat kesehatan di daerah karangasem kamu bisa membeli dan berbelanja di Distributor Alat Kesehatan Karangasem lho. Dengan alat yang berkualitas dan harga yang terjangkau pastinya.

    ReplyDelete
  5. BANDARA PERINTIS sangat dibutuhkan bagi saudara2 kita yg berada di daerah2 terpencil, terluar dan terisolasi (3T), Bandara2 ini semakin dikembangkan di saat kepemimpinan Menteri Perhbungangan bpk. JONAN IGNATIUS, dan setelah pa Jonan diganti oleh pa BUDI KARYA maka disitu pula pengembangan Bandara2 Perintis di wilayah2 terpencil putus alias tidak ada pengembangan lagi karena pa Budi lebih konsen pada pengembangan Bandara2 Komersil dan Bandara2 yang dikelolah BUMN (PT. Angkasa Pura).

    ReplyDelete